SILLABUS
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Mendengarkan (Listening)
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
1.1
Menganalisis laporan
Penganalisisan laporan perjalanan
oMendengarkan laporan perjalanan siswa
oMenuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
oBertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
oMenganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
· Mampu menentukan tema laporan dengan diskusi
· Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat.
· Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.
· Mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan laporan dengan jujur
Tes lisan
Tes tulis
Daftar pertanyaan
Uraian
§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
4 X 40’
Narasumber (Siswa)
Demo-kratis
1.2
Menanggapi isi laporan
Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi- nya
o Mendengarkan laporan perjalanan siswa
o Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
o Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalanan siswa
· Dapat menjawab pertanyaan tentang isi laporan
· Mampu menanggapi laporan perjalanan teman ditinjau dari kelengkapan laporan dengan jujur
· Mampu menanggapi laporan perjalanan teman ditinjau dari kejelasan isi laporan.
· Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman
Observasi
Observasi
Lembar observasi
Lembar observasi
§ Apakah tanggapan siswa diikuti pendapat? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah
§ Apakah tanggapan siswa berupa pertanyaan? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah
§ Apakah tanggapan siswa berupa saran? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah
2 X 40’
Narasumber
(siswa)
Toleransi
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Berbicara (Speaking)
2. Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
Cara berwawancara dan implementasi-nya
o Mendengarkan wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara
o Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
o Menentukan topik wawancara
o Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
o Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
o Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
§ Mampu menyebutkan etika berwancara dengan sopan
· Mampu menentukan topik wawancara
· Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
· Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
· Mampu menuliskan simpulan hasil wawancara.
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
Uraian
Tes simulasi
§ Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!
§ Lakukan wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)
6 X 40’
Buku Teks
Narasumber
Rekaman Wawancara
Disiplin
2.2 Menyam paikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
Penyampaian laporan perjalanan
o Mendengarkan laporan perjalanan (model)
o Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
o Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
o Berlatih menyampaikan laporan
o Menyampaikan laporan secara pribadi
· Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik dengan teliti.
· Mampu meringkas isi laporan berdasarkan pokok-pokok laporan.
· Mampu merangkai pokok-pokok laporan menjadi laporan singkat
· Mampu menyampaikan laporan secara lisan secara komunikatif
Tes lisan
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uji petik kerja
§ Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampaikan secara lisan!
§ Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!
6 X 40’
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan
Bersaha-bat dan
Komuni katif
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Membaca (reading)
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/
Buku telepon dengan membaca memindai
Cara menemukan informasi di dalam ensiklopedi/kamus dan implementasi- nya
o Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
o Mencari subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
o Membaca informasi secara cepat dan tepat.
o Menutup ensiklopedi/buku telepon
o Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon dengan bahasa sendiri.
· Mampu menentukan urutan penyusunan entri dalam ensiklopedi / kamus.
· Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat dengan bekerja sama
· Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat.
· Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
Observasi
Tes praktik/kinerja
Lembar observasi
§ Apakah siswa menemukan kata ”lema” dalam waktu 10 detik? Ya/tidak
§ Apakah informasi tentang ... ditemukan dalam waktu 2 menit? Ya/tidak
§ Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!
4 X 40’
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
Kerja keras
3.2 Mendes-kripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah
Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
o Mencermati petunjuk arah mata angin
o Bertanya jawab tentang petunjuk arah
o Mencermati denah
o Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah ke arah tempat yang dituju
o Mengemukakan rute perjalanan ke tempat yang dituju
· Mampu menjelaskan syarat-syarat denah yang baik dengan teliti.
· Mampu membaca arah mata angin
· Mampu menjelaskan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
· Mampu menuliskan rute perjalanan dari sekolah ke Taman Kartini Rembang
Tes tulis
Uraian
§ Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§ Jelaskan arah yang paling dekat ke tempat yang dituju berdasarkan denah tersaji!
§ Uraikan rute perjalanan yang paling efektif dan efisien ke arah tempat yang dituju sesuai denah tersaji!
2 X 40’
Buku teks
Denah
-
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Penyimpulan isi teks bacaan
o Membaca cepat dengan waktu tertentu
o Mengukur waktu membaca cepat diri sendiri dan teman
o Membaca cepat dengan target 250 kata per menit
o Menjawab pertanyaan
o Menghitung KEM sendiri dan teman
o Mendiskusikan simpulan isi teks
· Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman dengan jujur
· Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
· Mampu menyimpulkan isi tiap-tiap paragraf dengan teliti
· Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi
Tes tertulis
Lembar observasi
Uraian
§ Lama waktu baca untuk teks 250 kata : tiga menit, dua menit, satu menit, kurang satu menit , dst.
§ Jawablah pertanyaan berikut ini!
§ Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu
Gemar membaca
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Menulis (Writting)
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar
Penulisan laporan perjalanan
o Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perja- lanan di TV
o Mendiskusikan pokok-pokok laporan perjalanan
o Menyusun kerangka laporan
o Menulis laporan perjalanan pribadi
· Mampu menentukan tema laporan dengan giat
· Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau topik dengan bekerja sama.
· Mampu mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
· Mampu menyunting laporan perjalanan dengan bekerja sama
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uji petik kerja
§ Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!
§ Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
2 X 40’
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
Bekerja keras
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah
o Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
o Mendiskusikan penggunaan bahasa dalam surat dinas
o Bertanya jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
o Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o Menyunting surat dinas
· Mampu menyebutkan macam-macam surat dengan demokratis.
· Mampu menentukan sistematika surat dinas
· Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku.
· Mampu menyunting surat dinas dengan teliti.
Tes tertulis
Tes praktik/kinerja
Uraian
Uji petik kerja
§ Tulislah sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas tersaji!
§ Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan OSIS di ruang aula (kamu adalah ketua OSIS)!
§ Perbaikilah surat dinas yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!
2 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
Kreatif
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Penulisan bahasa petunjuk
o Membaca petunjuk (model)
o Mendiskusikan urutan-urutan
o Membandingkan bahasa petunjuk dengan bahasa deskriptif
o Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
o Tanya jawab tentang penyuntingan bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
o Menulis petunjuk
o Menyunting bahasa petunjuk teman
· Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
· Mampu mendata urutan melakukan sesuatu.
· Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
· Mampu menyunting petunjuk yang telah ditulis dengan teliti
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
§ Datalah urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§ Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk!
§ Tulislah petunjuk tentang cara minum obat!
§ Perbaikilah bahasa petunjuk temanmu sesuai sran teman/gurumu!
2 X 40 ‘
Model-model petunjuk Buku teks
Kreatif
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
5.1 Menang-gapi unsur pementasan naskah drama
Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan implementasi- nya
o Mendengarkan/menonton pementasan drama (model)
o Mendiskusikan unsur-unsur drama
o Menanggapi dangan cara memberi pendapat, kritik, maupun saran pementasan drama teman
· Mampu menyebutkan batasan drama.
· Mampu menjelaskan unsur intrinsik drama
· Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama
· Mampu menentukan kelebihan dan kekurangan unsur pementasan drama dengan jujur
Tes tulis
Observasi
Uraian
Lembar observasi
§ Tulislah unsur-unsur drama yang kamu dengar/tonton!
§ Apakah tiap-tiap unsur drama ditanggapi ? selalu ; kadang-kadang ; tidak pernah
4 X 40’
Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa
Toleransi
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
oMendengarkan/menonton pementasana drama (model)
oTanya jawab tentang karakter tiap-tiap tokoh
oMengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama teman
· Mampu menyebutkan nama-nama tokoh dalam drama yang dilihatnya dengan jujur.
· Mampu menyebutkan jenis tokoh.
· Mampu menjelaskan watak tokoh.
· Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
§ Tulislah karakter tokoh drama yang kamu dengar/tonton!
§ Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
2 X 40’
Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa
Jujur
c
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
Bermain peran
oMembaca teks drama yang telah ditulis siswa
oMenentukan karakter tokoh
oMemilih tokoh yang akan diperankan
oBerlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main dan olah vokal
oMenyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
oMemerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
· Mampu menentukan jenis tokoh dalam drama.
· Mampu memilih tokoh tokoh yang akan diperankan dengan demokratis.
· Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
· Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
Tes lisan
Tes praktik/kinerja
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
§ Bagaimana karakter setiap tokoh pada naskah drama yang kamu tulis?
dst.
§ Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan dialog antartokoh!
6 X 40’
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
Rasa ingin tahu
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis oleh siswa
Bermain peran dengan berimprovisasi
oMembaca kerangka teks drama yang telah ditulis
oMenentukan karakter tokoh
oMemilih tokoh yang akan diperankan
oBerlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
oOlah vokal
oMenyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
oMemerankan tokoh dengan improvisasi
· Mampu memilih tokoh yang akan diperankan dengan demokratis.
· Mampu menentukan karakter tokoh
· Mampu mengucapkan kalimat sesuai dengan perwatakan
· Mampu berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
Tes lisan
Tes praktik/kinerja
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
§ Bagaimana karakter tokoh drama yang kamu baca?
dst.
§ Perankan tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
6X 40’
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
Rasa ingin tahu
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
oMembaca teks drama, kemudian mendiskusikan unsur-unsur instrinsik teks drama
oMenganalisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi
oMendiskusikan keterkaitan antarunsur intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh
· Mampu menyebutkan unsur-unsur intrinsik teks drama dengan demokratis.
· Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
· Menganalisis keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
Tes tulis
Tes tulis
Tes praktik/kinerja
Tes
Uraian
Uraian
Uji petik kerja
§ Apakah tema teks drama yang telah kamu baca?
§ Tentukan dua intrinsik teks drama disertai dengan contoh!
§ Tentukan sebuah makna drama dengan cara mengaitkan minimal dua unsur intrinsik!
4 X 40’
Buku teks
Buku referensi
Buku drama
Rasa ingin tahu
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Pembuatan sinopsis novel
oMendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel
oMenulis kerangka novel berdasarkan tahapan alur
oMenulis sinopsis novel
· Mampu menyebutkan batasan sinopsis.
· Mampu menentukan tahapan-tahapan cerita.
· Mampu menulis kerangka novel remaja yang dibaca
· Mampu menyusun sinopsis novel berdasarkan kerangka sinopsis dengan kreatif.
· Dapat menyunting sinopsis novel
Penugasan individual/kelom-pok
Proyek
§ Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
5 X 40’
Novel remaja Indonesia
Kreatif
Scool Unit : Junior High School 1 Batangan
Grade / SMT : VIII/1
Subject : Indonesian
Standard of Competence : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time
Allocation
Sources
Character
Technique
Instrument
Form
Example
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
oMendata cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
oMenyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
oBertanya jawab mengenai keaslian ide
oMenulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka naskah drama
· Mampu menentukan tema drama yang akan ditulis.
· Mampu menentukan tokoh-tokoh drama.
· Mampu menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide.
· Mampu mengembangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keaslian ide dengan kreatif.
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama!
4 X 40’
Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama
Kreatif
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
oMengamati contoh naskah drama
oBertanya jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
oMenyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
oMenulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
· Mampu menentukan tema drama yang akan ditulis dengan demokratis.
· Mampu menentukan tokoh-tokoh drama
· Mampu menyusun kerangka cerita drama.
· Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama!
4 X 40’
Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama
Kreatif
Approved by
Principal of Junior High School 1 Batangan,
H. Untung Kusmanto, S. H., M. Pd.
NIP 19580220 197901 1 002
Batangan, July 12th 2010
Teacher,
Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.
NIP 19600522 198403 1 004
Pendidikan Bahasa Indonesia SMP
Karakter yang Ditanamkan pada Siswa
Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa
NILAI DESKRIPSI
1. Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/
Komuniktif Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar