Pendidikan Bahasa Indonesia SMP

Karakter yang Ditanamkan pada Siswa

Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa NILAI DESKRIPSI 1. Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. 2. Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. 3. Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. 4. Disiplin Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. 5. Kerja Keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. 6. Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. 7. Mandiri Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. 8. Demokratis Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. 9. Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. 10. Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. 11. Cinta Tanah Air Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. 12. Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. 13. Bersahabat/ Komuniktif Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. 14. Cinta Damai Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. 15. Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. 16. Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. 17. Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 18. Tanggung-jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Minggu, 05 September 2010

Silabus bahasa Indonesia Kelas VIII

SILLABUS



Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Mendengarkan (Listening)

1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan

Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

1.1

Meng­­­ana­lisis laporan


Penganalisisan laporan perjalanan
oMendengarkan laporan perjalanan siswa

oMenuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat

oBertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan

oMenganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.




· Mampu menentukan tema laporan dengan diskusi

· Mampu menuliskan pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat.

· Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.

· Mampu menunjukkan kelebihan dan kekurangan laporan dengan jujur


Tes lisan





Tes tulis


Daftar pertanyaan



Uraian


§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!



§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!


4 X 40’
Narasumber (Siswa)


Demo-kratis

1.2

Me­nang­gapi isi laporan


Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi- nya
o Mendengarkan laporan perjalan­an siswa

o Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat

o Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an siswa
· Dapat menjawab pertanyaan tentang isi laporan

· Mampu menanggapi laporan perjalanan teman ditinjau dari kelengkapan laporan dengan jujur

· Mampu menanggapi laporan perjalanan teman ditinjau dari kejelasan isi laporan.

· Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman




Observasi





Observasi
Lembar observasi



Lembar observasi
§ Apakah tanggapan siswa diikuti pendapat? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah

§ Apakah tanggapan siswa berupa pertanyaan? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah

§ Apakah tanggapan siswa berupa saran? Selalu; kadang-kadang; tidak pernah


2 X 40’
Narasumber

(siswa)


Toleransi




Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Berbicara (Speaking)

2. Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan



Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara












Cara berwawancara dan implementasi-nya


o Mendengarkan wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara

o Menentukan narasumber yang akan diwawancarai

o Menentukan topik wawancara

o Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara

o Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan

o Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
§ Mampu menyebutkan etika berwancara dengan sopan

· Mampu menentukan topik wawancara

· Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara

· Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

· Mampu menuliskan simpulan hasil wawancara.
Tes tulis





Tes praktik/kinerja






Uraian





Tes simulasi






§ Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!



§ Lakukan wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)


6 X 40’
Buku Teks

Narasumber

Rekaman Wawancara


Disiplin

2.2 Menyam paikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar










Penyampaian laporan perjalanan
o Mendengarkan laporan perjalanan (model)

o Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi

o Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu

o Berlatih menyampaikan laporan

o Menyampaikan laporan secara pribadi
· Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik dengan teliti.

· Mampu meringkas isi laporan berdasarkan pokok-pokok laporan.

· Mampu merangkai pokok-pokok laporan menjadi laporan singkat

· Mampu menyampaikan laporan secara lisan secara komunikatif


Tes lisan





Tes praktik/kinerja


Uraian





Uji petik kerja
§ Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampai­kan secara lisan!

§ Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!


6 X 40’
Buku teks

Kaset rekaman Contoh laporan


Bersaha-bat dan

Komuni katif






Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Membaca (reading)

3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat



Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/

Bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai




Cara menemukan informasi di dalam ensiklo­pedi/kamus dan implementasi- nya
o Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi

o Mencari subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat

o Membaca informasi secara cepat dan tepat.

o Menutup ensiklopedi/buku telepon

o Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon dengan bahasa sendiri.
· Mampu menentukan urutan penyusunan entri dalam ensiklopedi / kamus.

· Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat dengan bekerja sama

· Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat.

· Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri


Observasi











Tes praktik/kinerja
Lembar observasi


§ Apakah siswa menemukan kata ”lema” dalam waktu 10 detik? Ya/tidak

§ Apakah informasi tentang ... ditemukan dalam waktu 2 menit? Ya/tidak

§ Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!
4 X 40’
Perpustaka-an

Buku telepon

Ensiklopedi

Buku teks
Kerja keras

3.2 Mendes-kripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah


Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
o Mencermati petunjuk arah mata angin

o Bertanya jawab tentang petunjuk arah

o Mencermati denah

o Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah ke arah tempat yang dituju

o Mengemukakan rute perjalanan ke tempat yang dituju
· Mampu menjelaskan syarat-syarat denah yang baik dengan teliti.

· Mampu membaca arah mata angin

· Mampu menjelaskan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat

· Mampu menuliskan rute perjalanan dari sekolah ke Taman Kartini Rembang




Tes tulis
Uraian
§ Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!

§ Jelaskan arah yang paling dekat ke tempat yang dituju berdasarkan denah tersaji!

§ Uraikan rute perjalanan yang paling efektif dan efisien ke arah tem­pat yang dituju sesuai denah tersaji!
2 X 40’
Buku teks

Denah
-

3.3 Menyim­pul­kan isi suatu teks dengan membaca ce­pat 250 kata per menit
Penyimpulan isi teks bacaan
o Membaca cepat dengan waktu tertentu

o Mengukur waktu membaca cepat diri sendiri dan teman

o Membaca cepat dengan target 250 kata per menit

o Menjawab pertanyaan

o Menghitung KEM sendiri dan teman

o Mendiskusikan simpulan isi teks
· Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman dengan jujur

· Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

· Mampu menyimpulkan isi tiap-tiap paragraf dengan teliti

· Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi





Tes tertulis








Lembar observasi



Uraian
§ Lama waktu baca untuk teks 250 kata : tiga menit, dua menit, satu menit, kurang satu menit , dst.

§ Jawablah pertanyaan berikut ini!

§ Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
Media cetak, Buku referensi

Pengukur waktu
Gemar membaca






Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Menulis (Writting)

4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk



Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

4.1 Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan benar


Penulisan laporan perjalanan




o Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perja­­- la­n­­an di TV

o Mendiskusikan pokok-pokok la­poran perjalanan

o Menyusun kerangka laporan

o Menulis laporan perjalanan pri­badi
· Mampu menentukan tema laporan dengan giat

· Mampu menyusun kerangka la­poran berdasarkan urutan ruang, waktu, atau topik dengan bekerja sama.

· Mampu mengembangkan kerang­ka laporan dengan bahasa yang komunikatif

· Mampu menyunting laporan perjalanan dengan bekerja sama


Tes tulis





Tes praktik/kinerja


Uraian





Uji petik kerja
§ Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!

§ Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
2 X 40’
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
Bekerja keras

4.2 Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku


Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah


o Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan siste­ma­tika surat dinas

o Mendiskusikan penggunaan ba­hasa dalam surat dinas

o Bertanya jawab mengenai kegiat­an sekolah yang akan dilaksana­kan

o Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.

o Menyunting surat dinas
· Mampu menyebutkan macam-macam surat dengan demokratis.

· Mampu menentukan sistematika surat dinas

· Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku.

· Mampu menyunting surat dinas dengan teliti.












Tes tertulis





Tes praktik/kinerja








Uraian





Uji petik kerja






§ Tulislah sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas tersaji!

§ Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan OSIS di ruang aula (kamu adalah ketua OSIS)!

§ Perbaikilah surat dinas yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!
2 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah

Buku teks

Buku referensi
Kreatif

4.3 Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif


Penulisan bahasa petunjuk
o Membaca petunjuk (model)

o Mendiskusikan urutan-urutan

o Membandingkan bahasa petunjuk dengan bahasa deskriptif

o Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk

o Tanya jawab tentang penyuntingan bahasa petunjuk (model) yang belum efektif

o Menulis petunjuk

o Menyunting bahasa petunjuk teman
· Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk

· Mampu mendata urutan melakukan sesuatu.

· Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif

· Mampu menyunting petunjuk yang telah ditulis dengan teliti






Tes praktik/kinerja






Uji petik kerja


§ Datalah urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!

§ Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk!

§ Tulislah petunjuk tentang cara minum obat!

§ Perbaikilah bahasa petunjuk temanmu sesuai sran teman/gurumu!


2 X 40 ‘
Model-model petunjuk Buku teks
Kreatif






Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Mendengarkan

5. Mengapresiasi pementasan drama

Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

5.1 Menang­­-gapi unsur pementasan naskah dra­ma




Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan implementasi- nya
o Mendengarkan/menonton pementasan drama (model)

o Mendiskusikan unsur-unsur drama

o Menanggapi dangan cara memberi pendapat, kritik, maupun saran pementasan drama teman
· Mampu menyebutkan batasan drama.

· Mampu menjelaskan unsur intrinsik drama

· Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama

· Mampu menentukan kelebihan dan kekurangan unsur pementasan drama dengan jujur


Tes tulis



Observasi
Uraian



Lembar observasi
§ Tulislah unsur-unsur drama yang kamu dengar/tonton!



§ Apakah tiap-tiap unsur drama ditanggapi ? selalu ; kadang-kadang ; tidak pernah
4 X 40’
Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa
Toleransi

5.2 Mengevalu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama






Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
oMendengarkan/menonton pementasana drama (model)

oTanya jawab tentang karakter tiap-tiap tokoh

oMengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis dari pementasan drama teman




· Mampu menyebutkan nama-nama tokoh dalam drama yang dilihatnya dengan jujur.

· Mampu menyebutkan jenis tokoh.

· Mampu menjelaskan watak tokoh.

· Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
§ Tulislah karakter tokoh drama yang kamu dengar/tonton!



§ Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
2 X 40’
Pementasan drama atau model pementasan yang dilakukan siswa
Jujur


c

Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Berbicara

6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

6.1 Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis siswa










Bermain peran
oMembaca teks drama yang telah ditulis siswa

oMenentukan karakter tokoh

oMemilih tokoh yang akan diperankan

oBerlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main dan olah vokal

oMenyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan

oMemerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
· Mampu menentukan jenis tokoh dalam drama.

· Mampu memilih tokoh tokoh yang akan diperankan dengan demokratis.

· Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa

· Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat


Tes lisan









Tes praktik/kinerja
Daftar pertanyaan







Tes simulasi
§ Bagaimana karakter setiap tokoh pada naskah drama yang kamu tulis?

dst.





§ Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan dialog antartokoh!
6 X 40’
Buku teks drama

Lingkungan kelas

Perangkat pendukung pementasan


Rasa ingin tahu

6.2 Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa








Bermain peran dengan berimpro­visasi
oMembaca kerangka teks drama yang telah ditulis

oMenentukan karakter tokoh

oMemilih tokoh yang akan diperankan

oBerlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main

oOlah vokal

oMenyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan

oMemerankan tokoh dengan improvisasi


· Mampu memilih tokoh yang akan diperankan dengan demokratis.

· Mampu menentukan karakter to­koh

· Mampu mengucapkan kalimat sesuai dengan perwatakan

· Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka naskah




Tes lisan





Tes praktik/kinerja
Daftar pertanyaan



Tes simulasi
§ Bagaimana karakter tokoh drama yang kamu baca?

dst.



§ Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
6X 40’
Buku Teks

Lingkungan kelas

Perangkat pendukung pementasan


Rasa ingin tahu






Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Membaca

7. Memahami teks drama dan novel remaja



Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

7.1 Mengiden­tifikasi unsur intrinsik teks drama








Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
oMembaca teks drama, kemudian mendiskusikan unsur-unsur in­strin­sik teks drama

oMenganalisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi

oMendiskusikan keterkaitan antar­unsur intrinsik agar bisa menemu­kan makna secara utuh


· Mampu menyebutkan unsur-unsur intrinsik teks drama dengan demokratis.

· Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya

· Menganalisis keterkaitan antar­unsur intrinsik dalam teks drama


Tes tulis



Tes tulis





Tes praktik/kinerja
Tes

Uraian

Uraian





Uji petik kerja
§ Apakah tema teks drama yang te­lah kamu baca?

§ Tentukan dua intrinsik teks drama disertai dengan contoh!

§ Tentukan sebuah makna drama dengan cara mengaitkan minimal dua un­sur intrinsik!


4 X 40’
Buku teks

Buku referensi

Buku drama
Rasa ingin tahu

7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia








Pembuatan sinopsis novel
oMendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel

oMenulis kerangka novel berdasarkan tahapan alur

oMenulis sinopsis novel
· Mampu menyebutkan batasan sinopsis.

· Mampu menentukan tahapan-tahapan cerita.

· Mampu menulis kerangka novel remaja yang dibaca

· Mampu menyusun sinopsis novel berdasarkan kerangka si­nopsis dengan kreatif.

· Dapat menyunting sinopsis novel


Penugasan individual/kelom-pok




Proyek


§ Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
5 X 40’
Novel remaja Indonesia
Kreatif




Scool Unit : Junior High School 1 Batangan

Grade / SMT : VIII/1

Subject : Indonesian

Standard of Competence : Menulis

8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama

Base Competence
Learning Materials
Learning Activities
Indicator
Assessment
Time

Allocation
Sources
Character

Technique
Instrument

Form
Example

8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide




Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
oMendata cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama

oMenyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.

oBertanya jawab mengenai keasli­an ide

oMenulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka naskah drama
· Mampu menentukan tema drama yang akan ditulis.

· Mampu menentukan tokoh-tokoh drama.

· Mampu menyusun kerangka nas­kah drama yang mengandung ke­aslian ide.

· Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas­li­an ide dengan kreatif.
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah ka­mu pilih kemudian kembangkan men­jadi naskah drama!


4 X 40’
Buku teks dra­ma

Buku referensi yang berisi­kan drama
Kreatif

8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama


Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
oMengamati contoh naskah drama

oBertanya jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama

oMenyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.

oMenulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
· Mampu menentukan tema drama yang akan ditulis dengan demokratis.

· Mampu menentukan tokoh-tokoh drama

· Mampu menyusun kerangka cerita drama.

· Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
Tes praktik/kinerja
Uji petik kerja
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama!


4 X 40’
Buku teks drama

Buku referensi yang berisi­kan drama
Kreatif




Approved by

Principal of Junior High School 1 Batangan,









H. Untung Kusmanto, S. H., M. Pd.

NIP 19580220 197901 1 002

Batangan, July 12th 2010

Teacher,







Bambang Sukamto, S. Pd., M. Pd.

NIP 19600522 198403 1 004

Tidak ada komentar: